Dokter Okkian Wijaya

Apa itu Wasir atau Hemorrhoid ?

Tentang Wasir / Hemorrhoid – Hemorrhoid atau yang sering  kita kenal dengan wasir adalah suatu keadaan dimana keluarnya pembuluh darah di sekitar anus yaitu plexus hemorrhoidalis dari anal cushion.

Anal cushion atau bantalan anus adalah bantalan yang berisi pembuluh darah (plexus hemorrhoidalis) yang berada di bawah mukosa usus besar paling akhir atau rektum daerah ini menyumbangkan sekitar 15-20% dari tekanan anus saat istirahat, memastikan saluran anus kita menutup secara sempurna. 

Wasir menjadi menyebalkan ketika membesar, meradang dan nyeri, mengalami trombosis, atau prolaps (seluruh bagian dari bantalan keluar dari anus), dan gejala yang paling umum adalah BAB berdarah segar yang tidak nyeri, dan itulah sebabnya wasir adalah salah satu penyebab paling sering dari perdarahan saluran cerna bagian bawah. 

Apa itu Wasir ?

Penyakit wasir adalah salah satu penyakit di bidang proktologi tertua dan paling umum. Di Amerika Serikat, diperkirakan lebih dari 50% populasi di atas 50 tahun pernah mengalami masalah wasir, begitu juga dinegara tercinta kita Indonesia. 

Penyakit ini disinyalir telah ada sejak manusia berdiri tegak. Kita dapat menemukan jejak-jejak deskripsi penyakit ini dalam jaman Mesir kuno pada Papirus Eber dan Alkitab Perjanjian Lama. Selain itu, Hippocrates (460 SM) adalah orang pertama yang menggunakan istilah “Hemorrhoid” (dari kata Yunani kuno “hema,” darah, dan “rhoos,” aliran) yang berarti aliran darah.

Tahukah kalian bawah penyakit ini berperan serta dalam pertempuran yang penting dalam sejarah. 200 tahun yang lalu (18 Juni 1815), Napoleon Bonaparte dikalahkan di Waterloo oleh Duke of Wellington, yang bergabung dengan Prusia dan musuh yang tak terlihat, “wasir”. Napoleon Bonaparte, Kaisar Perancis, menderita wasir parah yang secara signifikan berdampak pada kesehatannya dan bahkan mempengaruhi peristiwa bersejarah.

Baca Juga   Memahami Anal Fistula

Selama Pertempuran Waterloo, wasir trombosis Napoleon yang menyakitkan menyebabkan ketidak nyamanan yang luar biasa dan mempengaruhi kemampuannya untuk memimpin pasukannya secara efektif. Kondisi ini diyakini berkontribusi terhadap kekalahannya di Waterloo. Parahnya wasir Napoleon sedemikian rupa sehingga ia kesulitan untuk duduk di atas kudanya, sehingga menghambat kepemimpinannya di medan perang.

Catatan sejarah ini menjelaskan bagaimana masalah kesehatan yang tampaknya sepele dapat memiliki konsekuensi yang signifikan, bahkan dalam konteks peristiwa bersejarah yang besar.

Kurangnya literatur dalam data tentang insiden dan prevalensi penyakit wasir saat ini pada populasi umum,  ini dikarenakan kebanyakan orang tidak memiliki gejala dan sering menyembunyikan penyakit ini. Oleh karena itu sobat sehat sebelum penyakit menjadi parah jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Jenis-Jenis Wasir atau Hemorroid

Hemoroid, atau yang lebih dikenal dengan istilah wasir, merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat. Namun, seringkali pengetahuan kita tentang kondisi ini masih terbatas. Oleh karena itu, melalui konsultasi dengan dr. Okkian Wijaya Kotamto, seorang spesialis bedah yang berpengalaman dalam menangani kasus hemoroid, kita akan memahami lebih dalam tentang jenis-jenis hemoroid yang dapat terjadi.

Baca Juga   Dokter Spesialis Bedah Digestif : dr. Okkian Wijaya Kotamto, Sp.B, SubBDig

Jenis-jenis wasir

Hemoroid Internal

Hemoroid ini terjadi ketika pelebaran pembuluh darah berada di atas linea dentata (⅔ bagian atas anus). Hemoroid internal memiliki 4 grade menurut perjalanan penyakitnya:

  • Grade 1: Teraba benjolan di dalam anus namun tidak sampai menonjol keluar.
  • Grade 2: Benjolan teraba sampai di luar anus, namun bisa masuk kembali secara spontan.
  • Grade 3: Benjolan hemoroid semakin besar dan menonjol keluar, dan dapat masuk kembali ke dalam anus dengan didorong secara manual.
  • Grade 4: Benjolan menonjol keluar anus dan tidak dapat masuk kembali meskipun sudah di dorong, nyeri semakin bertambah.

Hemoroid Eksternal

Hemoroid ini berada di luar anus dan pembengkakan terjadi mulai di bawah linea dentata (⅓ bagian bawah anus). Hemoroid eksternal terjadi ketika pembuluh darah di luar anus membengkak atau terinfeksi. Gejala yang biasanya muncul pada hemoroid eksternal meliputi:

  • Pembengkakan di sekitar anus.
  • Rasa nyeri atau ketidaknyamanan saat duduk atau berjalan.
  • Perdarahan saat buang air besar.

dr. Okkian menjelaskan bahwa pengobatan untuk hemoroid eksternal bisa melibatkan penggunaan krim atau salep antiinflamasi untuk meredakan gejala. Dalam kasus yang lebih parah, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkat hemoroid yang terinfeksi atau terlalu besar.

Tipe kombinasi antara internal dan external hemorrhoid.  Pada kondisi ini benjolan berasal dari dalam anus dan menyebabkan pembenkakan hingga keluar anus.

Lihat Jadwal Dokter Spesialis Bedah Digestif

dr. Okkian Wijaya Kotamto, Sp.B, KBD, FINACS

Berpraktik sebagai Dokter Spesialis Bedah Digestif di Rumah Sakit Mitra Keluarga Gading Serpong, dr. Okkian Wijaya Kotamto, dapat membantu memberikan bantuan pelayanan medis terkait dengan Bedah Saluran Cerna.

Setelah lulus dengan gelar Spesialis Bedah dari Universitas Indonesia, dr. Okkian kembali memperdalam keilmuannya dengan meneruskan studi subspesialis Bedah Digestif di Universitas Padjadjaran, Bandung dan memperoleh gelarnya pada tahun 2017.

Links

© 2024 dr. Okkian Wijaya Kotamto, Spesialis Bedah Digestif – Support oleh Dokter Website